Resep Kue Pepe Tradisional/Kue Lapis Kanji Tapioka&Tepung Beras Paling Joss

Kue Pepe Tradisional/Kue Lapis Kanji Tapioka&Tepung Beras.

Kue Pepe Tradisional/Kue Lapis Kanji Tapioka&Tepung Beras Hello mom,, selamat datang di situs resep masakan ini. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Kue Pepe Tradisional/Kue Lapis Kanji Tapioka&Tepung Beras. Resep kali ini memiliki 9 Bahan utama, dan 7 cara memasaknya. Yuk langsung kita praktekkan membuat Kue Pepe Tradisional/Kue Lapis Kanji Tapioka&Tepung Beras.

Resep Kue Pepe Tradisional/Kue Lapis Kanji Tapioka&Tepung Beras

  1. 300 gram tepung tapioka pa tani.
  2. 100 gram tepung beras kemasan.
  3. 300 gram gula pasir (jika suka manis gunakan 400 gram).
  4. 1000 ml santan dari 2 buah kelapa kupas parut(sekitar 700-800gr).
  5. 1/4 sdt garam.
  6. 2 sdt peres cokelat bubuk.
  7. Daun pisang untuk alas loyang (saya tidak pilih plastik).
  8. Minyak sayur untuk mengoles.
  9. 4 lembar daun pandan, ikat, masukkan dalam air bawah dandang).

Cara Memasak Kue Pepe Tradisional/Kue Lapis Kanji Tapioka&Tepung Beras

  1. Buat santan lebih dulu, agar perasan santan maksimal gunakan 900 ml air panas untuk memeras santan, setelah air menjadi hangat baru remas remas parut kelapa, jika volume santan yang dihasilkan setelah disaring tidak sampai 1000 ml baru tambahkan air.
  2. Masukkan tepung, gula dan garam ke dalam santan hasil saring, aduk sampai menyatu dengan balloon whisk.
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, satu bagian diberi 2 sdt cokelat bubuk, aduk kembali hingga bubuk cokelat larut dengan balloon whisk. Untuk mendapatkan 2 bagian sama rata, ambil 2 wadah kosong, gunakan sendok sayur, tuang masing masing wadah kosong dengan adonan secara bergantian. Diamkan sekitar 1 jam.
  4. Siapkan dandang, letakan loyang ukuran 18x18x6 cm yang telah dialasi daun pisang dan diolesi minyak, bungkus tutup dandang dengan serbet bersih agar air tidak menetes ke kue. Tuang adonan/lapisan pertama bersamaan dengan menyalakan api.
  5. Kukus selapis demi selapis dengan api besar, penambahan lapisan dilakukan jika setiap lapisan sudah matang (berubah warna/agak bening sekitar 7 menit) hingga habis. Terakhir kukus 30 menit.
  6. Jaga air di bagian bawah dandang jangan sampai kering, setiap 30 menit masukkan air ke dalam bagian bawah dandang.
  7. Agar didapatkan potongan kue yang rapi, potong potong kue setelah benar benar dingin (saya buat kue malam, pagi baru potong) dan gunakan pisau tajam yang sudah diolesi minyak.

Komentarnya Dong 🤣👍