Resep Bakso Sapi Low Carb versi menggunakan standing Mixer Paling Top

Bakso Sapi Low Carb versi menggunakan standing Mixer.

Bakso Sapi Low Carb versi menggunakan standing Mixer Hello mom,, selamat datang di situs resep masakan ini. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Bakso Sapi Low Carb versi menggunakan standing Mixer. Resep kali ini memiliki 12 Bahan utama, dan 15 cara memasaknya. Yuk langsung kita praktekkan membuat Bakso Sapi Low Carb versi menggunakan standing Mixer.

Resep Bakso Sapi Low Carb versi menggunakan standing Mixer

  1. Bahan utama:.
  2. 1 kg daging cincang setengah beku(simpan di freezer 1 jam).
  3. 1 sdt baking powder.
  4. 2 putih telur/1 telur utuh.
  5. Bahan yg dihaluskan:.
  6. 6 sdm bawang merah goreng.
  7. 10 siung bawang putih.
  8. 1 sdm muncung garam kasar/krosok.
  9. 1 sdt merica.
  10. Bahan tambahan:.
  11. 6 sdm air soda.
  12. 2 sdm minyak zaitun/kelapa.

Nah, tapi sebentar lagi kita akan belajar untuk cara membuat bakso sapi yang kenyalnya alami itu. Sajian bakso sapi memang sangat nikmat baik menggunakan tambahan iga sapi, urat, tulang dan juga kikil sapi. Agar cara membuat bakso sapi lebih praktis membutuhkan mesin penunjangnya. Yakni adalah mesin mixer bakso untuk kemudahan pengadukan adonan bakso sapi.

Instruksi Memasak Bakso Sapi Low Carb versi menggunakan standing Mixer

  1. Masukan bahan utama ke dalam wadah standing mixer dan uleni sampai tercampur rata dengan menggunakan hook spiral.
  2. Tambahkan bumbu yg sudah dihaluskan dan lanjutkan pengulenan sampai tercampur rata kembali.
  3. Tambahkan air soda dan lanjutkan pengulenan di kecepatan no 3 selama 10-15menit(tergantung mesin masing2 ya).
  4. Terakhir, untuk mengikat seluruh bahan, tambahkan minyak zaitun/kelapa dan matikan mesin setelah semua tercampur rata..
  5. Pada resep versi ini, tidak perlu membanting adonan karena biasanya adonan sdh sangat kalis dan homogen. Tetapi kalau memang terlihat ada bumbu atau bagian yg belum tercampur rata, bisa banting2 adonan 5-10x, lalu tutup wadah dengan plastic wrap dan simpan di freezer selama 2 jam sebelum dicetak.
  6. Mencetak bakso: Panaskan sepanci air sampai sangat mendidih lalu matikan api dan tutup panci.
  7. Keluarkan adonan dr freezer. Lumuri kedua telapak tangan dengan minyak zaitun/kelapa lalu ambil segenggam adonan bakso dan keluarkan bulatan bakso dr antara jempol dan telunjuk lalu cemplungkan ke air panas td(tanpa api yaa).
  8. Setelah adonan habis, baru nyalakan api kembali dan teruskan memasak sampai bakso mengapung tanda sudah matang. Gunakan api sedang saja ya dan jaga jangan sampai air menjadi mendidih. Karena gelembung didihan air dapat merusak tekstur bagian dalam dan permukaan bakso. Angkat bakso yg sudah matang dan rendam di air es/dingin. Bakso siap disantap atau disimpan untuk stok..
  9. Note 1, Gunakan daging yg sudah dicincang karena standing mixer hanya berfungsi untuk mengadon/mencampur/menguleni adonan bakso agar menjadi kalis dan homogen..
  10. Note 2, Selama proses pembuatan adonan, jaga selalu semua bahan dalam keadaan sangat dingin. Proses mengadon pakai standing mixer sangat saya anjurkan dan relatif anti gagal kenyal karena selama proses, suhu daging bisa terjaga tetap dingin. Hal ini dikarenakan daging tidak bersentuhan dengan mesin yg seringkali menjadi panas ketika digunakan dan mengakibatkan suhu daging menjadi naik. Kenaikan suhu pada daging dapat merusak protein daging dan tekstur bakso menjadi buyar dan gagal kenyal..
  11. Note 3, Penambahan baking powder dan air soda bertujuan untuk membantu mengenyalkan bakso. Baking powder bisa diskip dan air soda bisa diganti air es apabila daging yg digunakan masih sangat segar(br dipotong di pejagalan dan tidak terkena air)..
  12. Note 4, Gunakan selalu garam jenis butiran besar(garam kasar/krosok) karena mengandung alkali lebih yg berfungsi melekatkan/mengenyalkan bakso..
  13. Note 5, Saat mencetak bakso, jaga kedua tangan selalu terolesi minyak agar adonan tidak lengket di tangan dan permukaan bakso menjadi halus..
  14. Note 6, Tingkat kegaringan bakso bisa disesuaikan dengan cara menambah/mengurangi kadar cairan pada resep. Pada resep ini hasil bakso sangat garing saat dikunyah. Misal, kalau saya buat bakso yg lebih lembut teksturnya untuk konsumsi anak2, biasanya saya tambahkan 6-8sdm air es per 1kg daging. Silahkan bereksperimen sampai menemukan tingkat kegaringan bakso yg sesuai dengan selera masing2..
  15. Berikut screen shot resep asli. Kalau adanya hanya food processor bermesin bawah, sebaiknya pakai resep yg menggunakan es saja. Karena info dr mb Joe, beliau jg menggunakan standing mixer dengan hook spiral untuk membuat adonan baksonya.

Komentarnya Dong 🤣👍